Saturday, October 15, 2011

Algoritma Bresenham

Bresenham pada tahun 1965, melakukan perbaikan dari algoritma perhitungan koordinat piksel yang menggunakan persamaan, dengan cara menggantikan operasi bilangan riel perkalian dengan operasi penjumlahan, yang kemudian dikenal dengan Algoritma Bresenham. Pada algoritma bresenham, nilai y kedua dan seterusnya, dihitung dari nilai y sebelumnya, sehingga hanya titik y pertama yang perlu dilakukan operasi secara lengkap. Perbaikan algoritma ini ternyata tidak menghasilkan perbaikan yang cukup siginifikan. Perbaikan berikutnya dilakukan dengan cara menghilangkan operasi bilangan riel dengan operasi bilangan integer. Operasi bilangan integer jauh lebih cepat dibandingkan dengan operasi bilangan riel, terutama pada penambahan dan pengurangan.



Cara menentukan garis dengan algoritma bresenham :
1.    Tentukan koordinat awal garis (x0,y0)
2.    tentukan koordinat akhir garis (x1,y1)
3.    Hitung jarak mendatar ke 2 titik (dx)
Dx=x1-x0
4.    Hitung jarak mendatar ke 2 titik (dx)
Dy=y1-y0
5.    Tentukan faktor pembagi (mencari yg lebih panjang)
Apakah dx>dy,bila ya
            Step=dx
             Bila tidak
            Step=dy
6.    Hitung faktor penambah ke koordinat mendatar dan vertikal titik berikut (x_tambah,y_tambah)
X_tambah=dx/step
Y_tambah=dy/step

7.    Buat loop mulai titik ke 1 sampai titik ke step
For k=1 to step
8.    Hitung koodinat titik berikutnya
X=x+x_tambah
Y=y+y_tambah
9.    gambar pikxel pada koordinat (x,y)
Catatan : koordinat x,y harus bulat (integer), sehingga hasil dari perhitungan diatas harus diinteger-kan
10.    Ulangi langkah ke 7, dan setetrrsnya sampai titik ke step 

0 comments:

Post a Comment

*silver-snow Copyright © 2011 | Template created by O Pregador | Powered by Blogger